Rabu, 08 Februari 2017

Resep Nugget Ikan Tuna Renyah dan Gurih




Pernah mencoba resep nugget ikan tuna? Sebagian dari anda mungkin sudah mengetahui cara membuat nugget, tetapi mungkin beberapa masih jarang mengkonsumsi nugget yang terbuat dari ikan tuna. Rasanya tentu beda dengan nugget yang biasanya dibuat dari daging ayam. Selain lezat, nugget ikan tuna ini juga sangat bergizi. Karena ikan tuna merupakan salah satu bahan laut yang sehat untuk dikonsumsi. Cocok sekali dimakan oleh anak anda. Nugget ikan tuna juga menjadi salah satu menu variasi yang bisa dihidangkan untuk anak yang susah makan ikan. Dalam artikel ini akan dibahas resep cara membuat nugget ikan tuna. Selamat menyimak!

Resep Nugget Ikan Tuna Renyah dan Gurih

Bahan-bahan yang Dibutuhkan dalam Resep Nugget Ikan Tuna:


  • Minyak goreng secukupnya
  • Terigu protein sedang sebanyak 2 ons
  • Tepung panir secukupnya
  • Garam sebanyak ½ sdt
  • Merica sebanyak ½ sdt
  • Telur ayam sebanyak 3 butir
  • Bawang merah sebanyak 4 siung kemudian dihaluskan
  • Bawang putih sebanyak 3 siung kemudian dihaluskan
  • Wortel segar sebanyak 3 buah kemudian diparut halus
  • Ikan tuna segar yang di fillet sebanyak 5 ons

Langkah Membuat Nugget Ikan Tuna:

Langkah pertama dalam resep nugget ikan tuna adalah dengan menghaluskan daging ikan terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskan daging ikan. Campur daging ikan yang sudah halus dengan bawang putih, bawang merah, 1 butir telur, wortel, tepung terigu, garam, dan merica. Setelah itu aduk adonan nugget sampai rata.

Kemudian anda perlu untuk menyiapkan loyang untuk mengukus adonan nugget. Sebelum adonan dimasukkan ke dalam loyang, terlebih dahulu olesi loyang dengan minyak. Anda bisa juga menggunakan margarin untuk mengolesi loyang. Kemudian masukkan adonan ke dalam loyang lalu diratakan.

Setelah itu kukus adonan nugget sampai matang.
Jika sudah matang, tunggu adonan sampai dingin.
Potong-potong nugget yang sudah matang sesuai dengan selera, lalu taburi dengan sisa tepung terigu.
Selanjutnya masuk ke proses penggorengan nugget. Terlebih dahulu kocok sisa telur ayam, kemudian sebelum digoreng, potongan nugget dicelupkan dahulu ke dalam telur ayam.
Kemudian gulingkan potongan nugget yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam telur di atas tepung panir.

Panaskan minyak di atas wajan. Lalu masukkan potongan nugget yang sudah dilumuri telur dan tepung panir. Kemudian goreng hingga nugget berwarna keemasan.
Nugget siap disajikan dengan nasi hangat dan saus sambal.

Nugget ikan tuna bisa menjadi menu makan siang anda bersama keluarga. Atau bisa juga menjadi menu untuk bekal si kecil. Rasanya enak dan renyah untuk dikonsumsi saat masih hangat. Jangan ragu untuk mencoba resep nugget ikan tuna di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar